emmazone craft: [Bazaar Online] Kreasi Handmade dari Aplikasi Perca

Saturday, February 28, 2015

[Bazaar Online] Kreasi Handmade dari Aplikasi Perca




Memberanikan diri ikut kontes menulis yang diselenggarakan oleh redcarra. Kalau melihat di penjelasan yang saya baca, saya termasuk kategori bisnis wannabe. Maka, saya akan menulis tentang impian saya membuat usaha craft.

Craft sudah menjadi passion saya dan saya berencana mengembangkan usaha di bidang craft dengan label Emmazone Craft. Dunia craft yang saya tekuni adalah aplikasi perca handmade dan pasar yang saya bidik adalah anak-anak.
Produknya antara lain kaos nama, bantal, dan tas. Dan tidak menutup kemungkinan akan bertambah lagi ke depan. Beberapa diantaranya sedang dalam tahap tes pasar.

Keunggulan dari produk2 handmade adalah personalitas dan tidak pasaran. Customer bisa memesan produk sesuai keinginan mereka seperti memilih motif kain dan gambarnya atau disesuaikan dengan tema acaranya. Mereka juga bisa mencantumkan nama di produk yang dipesan. Sehingga cocok dijadikan, hadiah, kado ulang tahun atau souvenir ulang tahun. Beberapa produk emmazone craft adalah sebagai berikut





Berkecimpung di dunia craft, dalam hal ini aplikasi perca juga turut berkontribusi mengurangi limbah sampah. Sisa sisa kain berupa perca tidak serta merta kita buang begitu saja, tapi kita bentuk sedemikian rupa menjadi gambar aplikasi yang cantik dan huruf-huruf yang terangkai menjadi sebuah nama. Aneka gambar dan huruf aplikasi dari corak kain yang berbeda inilah yang menjadi letak keunikan dan keindahan produk yang saya hasilkan.


Saat ini saya memasarkan produk melalui dunia maya, dalam hal ini sosial media seperti facebook. Ini masih menjadi pilihan utama karen cukup efektif, minim modal tapi mampu menjangkau banyak orang di berbagai daerah.

Seperti halnya orang kebanyakan, menjadi bisnis wannabe selalu dihadapakan banyak kendala. Mengingat produk saya adalah handmade, maka sumber daya manusia menjadi motor utama dalam bisnis ini. Karena ke depan, tidak mungkin saya mengerjakan order seorang diri.
Ya, terus terang sulit mencari karyawan yang mau mengerjakan segala sesuatunya secara handmade. Hanya orang-orang yang betul-betul cinta dengan dunia craft yang bisa mengerjakan dengan hati. Kalau tidak, maka hasilnya tidak rapi.

Dengan segala keterbatasan yang ada, saya tetap menjalankan emmazone craft sepenuh hati. Segala sesuatu yang kurang disana sini adalah bagian dari proses pembelajaran untuk bisa maju dan lebih baik lagi.

Tulisan ini disertakan dalam Kontes Bazaar Online – Pamerkan Bisnismu bersama Ladaka Handicraft dan Layana Shop.

9 comments:

  1. Cotton tote bag lucu juga. Ukuran panjang lebar tingginya berapa, mbak?

    ReplyDelete
  2. Mba, ini lucuuuuuu banget, sukaaaa.... Asyik banget ya kalau bisa pesan desain sesuai keinginan kita. Itu yang tote bag juga bisa pesen dengan aksesoris tertentu kah? Jadi ikutan ngiler nih liat produk-produknya :)
    Semangat terus untuk berbisnis ya mba, sama nih saya juga terkendala banget dengan yg namanya sumber daya manusia. pernah ngrekrut orang lain gitu untuk dikasih sub orderan. Eeehh....nggak taunya terpaksa ngerombak produk lagi karena cara ngerajutnya nyilang2 ga sesuai kaidah :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thanks Mba Uniek .. karya karya mba uniek jg lebih keren. Udah diliput media lagi. Makin cihuuuii..
      semangat ya mba. Smoga makin maju usahanya

      Delete
  3. saya juga suka banget handmade, tp baru sebatas craft wannabe, pernah bikin hasilnya belum bisa bagus, terus semangat berkarya mbak semoga sukses bisnisnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih Mba iffah... sama donk kita. Saya juga masih wannabe nih.. masih terus belajar. Statusnya masih dalam rangka mengisi waktu luang. Semoga kedepan jadi usaha rumahan yang maju. Ayo semangat Mba Iffah...

      Delete
  4. Kaosnya bagus bgd mbak....naksir abissss....
    Apalagi setiap kaos bs beda2 motif hurufnya...
    Sukses ngontesnya yak...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..makasih Mba Inda.. semangaatt... sukses juga bwt Mba Inda yaa..

      Delete
  5. Duuuh rajin banget, customized gini memanjakan konsumen :))

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Aida

Lilypie - Personal pictureLilypie Fourth Birthday tickers

My Wedding

Daisypath - Personal pictureDaisypath Anniversary tickers